Hola. Saya Evyta Ar

Blogger, Penimbun Buku, dan Penyuka Jalan

Selamat datang di blog saya.

Evyta Ar adalah nama pena saya. Biasa dipanggil Evy atau Evyta. Saat ini saya berdomisili di Medan. Anda pun bisa memanggil dengan sebutan yang Anda suka.

Saya sudah jatuh cinta pada buku dan mengoleksinya sejak SD. Hingga postingan ini ditulis, saya sudah menimbun ribuan buku dan merintis perpustakaan pribadi kecil-kecilan bernama Pustaka Hanan. Kalau Anda ingin meminjam buku secara gratis, Anda bisa menghubungi saya.

Meskipun hukum kekekalan timbunan menyebutkan bahwa kecepatan membaca berbanding terbalik dengan kecepatan menambah timbunan, tentu saja, saya juga suka membaca buku. Setiap menamatkan satu buku, saya akan mengulasnya dan menayangkan resensinya di blog buku saya. Untuk urusan buku ini, cita-cita saya kelak adalah memiliki buku solo minimal 2 judul sebelum saya mati. Semoga terwujud.

Benda filateli adalah hal lain yang saya koleksi. Mulai dari prangko, carik kenangan, hingga sampul hari pertama dengan tema beragam saya kumpulkan sejak saya SMP. Saya mengoleksi hanya sebatas hobi dan sebagai bahan tambahan literasi untuk perpustakaan saya. Sayangnya, saya belum ada waktu membuat arsip digital untuk koleksi yang satu ini.

Selain buku dan dunia literasi, saya juga menyukai dunia hijau. Tanaman, hewan ternak, juga segala hal berbau hijau dan lingkungan termasuk yang saya minati.

Kalau jalan-jalan? Tentu saja itu hal lainnya yang saya suka. Siapa, sih, yang enggak suka jalan-jalan? Sejak kecil, ayah saya sering mengajak kami melakukan perjalanan jauh ke luar pulau. Sampai saya dewasa, saya selalu senang mengunjungi tempat baru dan mengenal budaya atau wawasan baru tentang orang-orang. Menyenangkan!

Saya dan Blog

Kalau ditanya apa profesi saya, dengan senang hati dan bangga saya akan menjawab, “Blogger.” Saya juga ingin menjawab profesi saya sebagai penulis atau entrepreneur, tapi ini masih jauh panggang dari api. Buku solo yang diterbitkan? Belum ada. Tulisan di media? Juga belum ada. Satu-satunya sarana publikasi tulisan saya hanyalah blog. Bisnis? Masih terseok-seok! Jadi, istilah Blogger sepertinya lebih tepat.

Saya mulai nge-blog tahun 2005 menggunakan platform Blogger. Di tahun 2007, saya mulai mengenal WordPress dan menggunakannya untuk blog pribadi. Pada masa itu, memiliki blog di banyak platform termasuk tren (nyengir). Saya memiliki blog di blogspot, bersamaan juga di WordPress dan Multiply. Berbagai komunitas blogger waktu itu tumbuh dengan pesat dan saya pun termasuk yang ikut arus di dalamnya. Di tahun 2008, saya resmi mulai menggunakan WordPress dengan hosting pribadi, salah satunya, ya, blog ini.

Usia blog ini sebetulnya sudah 11 tahun. Tapi, yah, bisa Anda lihat sendiri seberapa banyak tulisan yang saya publikasikan. Itu karena isinya sudah bolak-balik berganti-ganti. Awal mula dibangun tahun 2008, blog ini saya tujukan untuk personal branding di bidang internet marketing. Niatannya saat itu, saya ingin berbagi tips seputar internet marketing, blog dan SEO. Apalah daya, si malas ini pun tak jua rajin memperbaharui blognya. Alih-alih menjadi sarana personal branding, blog ini sempat menjadi rumah kosong tanpa penghuni. Vakum bertahun-tahun, kemudian berganti menjadi blog pribadi dan catatan harian, selanjutnya dihack orang, lalu vakum kembali bertahun lamanya. Semua data hilang, tak ada backup. Hanya ada nama domain dan halaman “Hello World” saja.

Saya sempat merenung, mau saya bawa ke mana blog ini? Saya berpikir, apakah saya ingin begini-begini saja? Usia saya yang semakin bertambah seharusnya membuat produktivitas saya semakin meningkat. Di antara laju karya sahabat dan kenalan, saya sendiri yang masih diam di tempat.

Tahun 2019 ini adalah titik balik kesadaran saya. Saya mau blog saya bermanfaat, menjadi wahana amal jariyah. Saya mau menjadi orang yang ilmunya berkah. Saya mau apa yang saya miliki saat ini menjadi pemberat amal kebaikan, bukan sebaliknya. Karena itulah, saya memutuskan untuk mengaktifkan blog ini kembali.

Blog ini akan berisi hal-hal yang saya sukai, apa yang saya alami, rasakan dan pikirkan. Apakah itu tentang teknologi, blog, buku atau tanaman, atau bahkan tentang perjalanan yang saya lakukan. Saya akan belajar menulis secara lebih baik di blog ini.

Semoga harapan-harapan saya ini dimudahkan oleh Allah Ta’ala.

Jadi, selamat membaca blog saya. Saya harap ada manfaat yang bisa Anda simpan dan bawa pulang.

Terima kasih sudah bersedia membaca pengantar saya ini ^^

Pin It on Pinterest

Share This