Nyeri punggung kerap melanda setiap kali saya menggunakan tas backpack ketika bepergian, entah itu ke tempat pertemuan rapat, berjalan kaki di tengah kota atau melakukan perjalanan wisata ke kota-kota lain. Laptop berbobot 2 hingga 2,5 kilogram, power bank dan onderdil gadget, perlengkapan salat, payung, buku, serta printilan wajib lainnya bagi seorang perempuan selalu menemani isi tas saya. Berat dan melelahkan. Itu yang sering saya rasakan. Barangkali Anda juga mengalami hal yang hampir sama seperti itu?

Laptop adalah perangkat yang sangat penting dalam aktivitas keseharian saya. Seperti halnya dunia digital yang kian mudah diakses, pekerjaan saya yang tanpa kantor pun semakin dipermudah dengan adanya laptop yang sesuai dengan kebutuhan. Membuat aneka jenis dokumen, menyunting multimedia, mengakses dan mengembangkan puluhan situs dan blog, menjalankan perangkat lunak dengan performa berat, serta aktivitas daring lainnya membutuhkan laptop dengan spesifikasi mumpuni. Sayangnya, laptop seperti itu kebanyakan berbobot lumayan berat.

“Technology makes things faster and more cost-effective, but it’s not perfect. It requires you to be as flexible as you can be.”

John Phillips

Ketika bepergian, inginnya kita bisa membawa barang-barang yang dibutuhkan selengkap mungkin dengan bobot seringan-ringannya agar urusan kita lancar tanpa dipusingkan dengan beban berat. Menjatuhkan pilihan pada netbook yang lebih kecil dan ringan bukanlah solusi cerdas karena spesifikasinya tidak akan sanggup memenuhi kebutuhan saya. Maka, memilih laptop yang ringan dengan performa bagus merupakan pilihan paling memungkinkan saat ini.

Ya, tentu saja, selain performa yang bagus dan berbobot ringan, harga yang lebih terjangkau juga menjadi kriteria saya dalam memilih laptop. Higher specification, ringan, tipis, stylish dan terjangkau, siapa yang mau menolak?

Beruntung, baru-baru ini, ASUS mengeluarkan satu tipe laptop VivoBook paling ringkas di kelasnya dengan spesifikasi memenuhi hampir semua kebutuhan saya; ASUS VivoBook Ultra 14 A412DA. Laptop tipis ini cukup menggoda dan membuat saya jatuh hati pada pandangan pertama. Jadi, mari kita lihat, sejauh mana ia juga berhasil memukau Anda.

Performa si Garang VivoBook 14

Laptop Anda pernah mengalami hang ketika menjalankan banyak program seperti yang saya alami? Saat sedang nikmat-nikmatnya mengerjakan sesuatu, tiba-tiba layar monitor diam tak bergerak. Crash pula itu. Menyebalkan, bukan?  Nah, dengan RAM yang bisa mencapai 16 GB serta prosesor AMD Ryzen 3000 series-nya, baik Ryzen 3 atau Ryzen 5 di Indonesia, VivoBook 14 A412DA akan mengatasi rasa kesal kita tersebut dengan mulus karena ia mampu bekerja secara multitasking tanpa kita perlu khawatir laptop mengalami proses yang lambat dan cepat panas. Apalagi bagi penyuka game atau pengguna yang harus membuat berbagai keperluan berbasis multimedia, grafis Radeon RX 540X-nya akan membuat aktivitas ber-laptop-ria kita semakin maksimal.

Selain dua fitur di atas, VivoBook A412DA dilengkapi juga dengan Wi-Fi 5 dual-band 802.11ac yang akan membuat aktivitas daring kita anti ngadat. Di samping itu, penyimpanan data adalah satu dari sekian hal penting lainnya yang perlu kita pertimbangkan. Kabar baiknya, VivoBook 14 memiliki sistem penyimpanan ganda, SSD dan HDD, yang akan memberikan kita waktu loading lebih cepat dengan kapasitas penyimpanan data lebih besar. Menyimpan foto, video, atau data besar lainnya menjadi semakin mudah. Asyik, ‘kan?

“Kecil-kecil cabe rawit,” barangkali itu ungkapan yang tepat untuk menggambarkan kegarangan performa kelas VivoBook 14 ASUS ini.

Kemudahan yang Semakin Memudahkan

Seperti intisari dari ungkapan John Phillips di atas bahwa teknologi membuat banyak hal menjadi lebih mudah, cepat dan ekonomis, pun seperti itu juga VivoBook Ultra 14 ingin memberikan kemudahan bagi penggunanya. Apa saja, sih, kemudahan-kemudahan yang ditawarkan? Saya menemukan banyak poin menarik. Mari kita lihat satu per satu!

Windows 10 Pro dan Sensor Fingerprint

Si kecil cabe rawit ini menawarkan banyak kemudahan bagi pengguna. Sebut saja salah satunya ketersediaan Windows 10 Pro, sistem operasi versi terbaru dari Microsoft, yang telah terintegrasi di dalam ASUS VivoBook Ultra 14 A412DA. Tahu sendiri ‘kan bagaimana performa Windows 10 Pro itu? Versi Windows yang satu ini lebih stabil dan sangat nyaman digunakan. Dengan sudah terinstalnya Windows 10 Pro asli yang harganya lumayan mahal, kita bisa menghemat budget cukup banyak ketimbang membelinya secara terpisah. Untungnya lagi, kita bisa menghindarkan diri dari membeli sistem operasi bajakan. Bagi saya pribadi, sebisa mungkin saya ingin bekerja dengan cara yang halal, termasuk penggunaan perangkat-perangkatnya. Lebih menenangkan tho.

Dari segi keamanan, VivoBook A412DA sudah mendukung login biometrik lewat fitur sensor sidik jari dan Windows Hello-nya. Anda dan Saya pastinya sangat memikirkan masalah keamanan laptop, sebab segala data mencakup identitas pribadi, keuangan, serta dokumen penting lainnya ada di dalam laptop kita. Iya, ‘kan? Jadi, dengan adanya sensor fingerprint di touchpad laptop ini, aktivitas login akan lebih aman karena hanya ada sidik jari unik kita di sana. Terlebih lagi penggunaan password terkadang mudah diretas, sering terlupa atau repot dengan copy-paste akibat kerumitannya. Cukup dengan satu sentuhan jari saja, kita sudah bisa mengakses laptop dengan cepat.

Tampilan Windows Hello pada ASUS VivoBook A412DA

 

Desain Keyboard yang ErgoLift

Keyboard laptop pada umumnya berpenampilan datar sehingga, ketika kita mengetik, posisi tubuh dan tangan otomatis akan menyesuaikan permukaan datar tersebut. Kelebihan yang dimiliki ASUS VivoBook A412DA ini justru pada desain keyboard ErgoLift-nya yang presisi. Dengan sudut kemiringan 2 derajat pada keyboard, aktivitas mengetik kita pun akan lebih nyaman dan maksimal.

NumberPad

Nah, ini bagian yang paling saya suka. Sebagai orang yang sering menghitung dan menggunakan spreadsheet, bagian tuts angka adalah fitur yang sangat membantu perhitungan secara cepat. Sayangnya, fitur ini lebih sering kita temukan di keyboard komputer desktop dibandingkan laptop yang keyboard-nya berukuran lebih kecil. Uniknya, ASUS VivoBook 14 memiliki fitur ini! Di manakah fitur keren ini bisa kita temukan? Yup, di touchpad! Jadi, ada ikon kecil di sudut touchpad yang, bila kita sentuh, touchpad akan menampilkan keypad numerik dengan cahaya LED. Inilah yang disebut NumberPad. Sebuah inovasi yang keren, ya?

Keyboard yang Bercahaya

Laptop lama saya sebelumnya memiliki keyboard yang bercahaya. Fitur ini sangat membantu saya ketika harus mengetik di ruangan gelap atau saat berada di luar pada malam hari. Ketika mencari pengganti, fitur seperti ini agak sulit ditemukan di kebanyakan laptop sekelasnya. Tapi, betapa takjub saya saat mengetahui bahwa, selain desain keyboard yang ergonomis dan kuat, fitur keyboard bercahaya ini bisa juga saya temukan di ASUS VivoBook Ultra A412DA. Pucuk dicinta ulam tiba.

Keyboard ErgoLift

NumberPad

Keyboard Bercahaya

Fleksibel dan Ciamik

 

Bukan sesuatu yang berlebihan jika ASUS VivoBook Ultra 14 A412DA digadang sebagai The World’s Smallest Colorful 14″ Ultrabook. Sebagian besar fiturnya memang mendukung klaim tersebut jika dibandingkan dengan laptop lain di kelasnya. Dan yang terpenting, hampir seluruh fitur desain yang saya inginkan dan butuhkan ada di laptop ini. Coba kita intip, yuk!

Ramping dan Ringan

Coba tebak, berapa bobot ASUS VivaBook Ultra A412DA ini? Jika Anda seperti saya yang sedang mencari laptop ringan, mungkin inilah jodoh kita. 

UltraBook A412DA ini ternyata hanya seberat 1,5 kilogram, sudah dengan baterainya.  Tahu sendirilah kalau baterai laptop itu termasuk perangkat yang beratnya lumayan. Jadi, sangat ringan, ‘kan? Dengan bobot seperti ini, kita bisa leluasa berjalan ke mana saja tanpa memusingkan kerepotan dan nyeri punggung.

Dimensinya sendiri berukuran 322 x 212 x 19.9 mm, lebih kecil dari ultrabook lama saya yang sudah hampir pensiun. Dan lebih tipis! Ultrabook A412DA keluaran ASUS yang sangat ramping ini hanya memiliki ketebalan 1,99 cm saja. Menggoda sekali, ya?

Desain Penuh Warna

Kebanyakan laptop dengan spesifikasi lumayan tinggi hanya menyuguhkan desain warna standar; hitam, abu-abu, putih. Bagi penyuka warna lain seperti saya, suguhan warna-warni ceria dari ASUS VivoBook Ultra 14 ini tentu semakin membuat mata saya berbinar.

Ada 4 pilihan warna yang disediakan ASUS; Transparant Silver, Slate Grey, Peacock Blue dan Coral Crush.

Bagi para traveler, pilihan warna-warni ini tentu juga akan disambut dengan gembira. Cantik dan bergaya.

Layar Frameless

Bukan hanya smartphone saja yang layarnya bisa frameless, laptop VivoBook 14 inci ini pun memiliki desain NanoEdge tanpa frame pada layar monitornya. Fitur ini akan memberikan jangkauan visual yang lebih lebar dan luas bagi pengguna. Tapi, meskipun frameless, kamera HD-nya tetap terintegrasi di bagian sisi atas agar memudahkan penggunaannya.

Durabilitas Baterai

ASUS VivoBook Ultra A412DA memiliki daya isi baterai yang cepat, sekitar 60% dalam waktu 49 menit. Dengan baterai 2-cell 37 Wh-nya, masa pakainya bisa tiga kali lipat. Bekerja di luar rumah tanpa ada ketersediaan sumber listrik akan lebih lama.

***

Dari seluruh fitur yang ditawarkan Ultrabook A412DA, informasi harganya adalah yang paling ditunggu orang-orang. Di antara kelasnya, harga VivoBook Ultra A412DA termasuk yang cukup terjangkau. Kabarnya, laptop keren ini dirilis mulai dari harga 7 jutaan.

Ini baru sebagian dari sekian banyak fitur menarik yang ditawarkan oleh ASUS VivoBook Ultra A412DA. Menelaah yang sedikit ini saja, bagi saya, sudah membuat saya begitu antusias. Pekerjaan saya barangkali akan semakin produktif dan fleksibel. Bepergian dengan membawa laptop cantik ini? Wah, pasti saya akan senyum-senyum terus sepanjang perjalanan.

Tak ada gading yang tak retak, maka seperti itu pulalah dunia teknologi. Ultrabook 14 inci yang saya bahas ini pun bisa jadi tidak sempurna, namun kita, manusianya lah yang akan menyempurnakannya. Untuk saat ini, bagi saya, seri ultrabook A412DA masih merajai di kelasnya.

Untuk memudahkan Anda mengenal si ramping yang garang ini, berikut saya sudah buatkan daftar spesifikasinya.

Spesifikasi ASUS VivoBook Ultra A412DA

Prosesor : AMD® Ryzen™ 7 3700U, AMD® Ryzen™ 5 3500U, AMD® Ryzen™ 3 3200U, AMD® Athlon™ II Dual-Core 300U.

Sistem Operasi : Windows 10 S, Windows 10 Home, Windows 10 Pro.

Memory : 4 GB DDR4 2400MHz SDRAM Onboard, 1 x SO-DIMM socket untuk ekspansi, hingga 12 GB SDRAM

Display :

14 inci (16:9) LED-backlit FHD (1920x1080) 60Hz Anti-Glare IPS-level Panel dengan 45% NTSC dan sudut pandang lebar 178°
14 inci (16:9) LED-backlit FHD (1920x1080) 60Hz Anti-Glare Panel with 45% NTSC
14 inci (16:9) LED-backlit HD (1366x768) 60Hz Anti-Glare Panel with 45% NTSC

Penyimpanan :

Hard drive: 500GB/1TB 5400 rpm SATA HDD
Solid state drive: 128GB/256GB SATA 3.0 M.2 SSD
Solid state drive: 512GB PCIe® Gen3 x2 SSD

Keyboard : Chiclet keyboard dan bercahaya (pilihan)

Jaringan : Integrasi Wi-Fi 5 (802.11 ac (2x2)) dan Bluetooth® 4.2

Interface : COMBO audio jack, Type-A USB2.0, Type-A USB 3.1 (Gen 1), Type-C USB 3.0 (USB 3.1 Gen 1 / Gen 2), HDMI

Baterai : 2 -Cell 37 Wh Battery

Power Adapter : Plug type :ø4 (mm), Output : 19 V DC, 2.37 A, 45 W, Input :100 -240 V AC, 50/60 Hz universal

Dimensi : 322 x 212 x 19.9 mm (LxPxT)

Bobot : 1,5 kg dengan baterai

Sertifikat : SeUL, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, CCC, CB, Energy Star

Garansi : 1 tahun garansi hardware internasional

(sumber: halaman resmi ASUS VivoBook 14)

“Every once in a while, a new technology, an old problem, and a big idea turn into an innovation.”

Dean Kamen

Teknologi, Inovasi dan Kita

Inovasi membawa teknologi kita menjadi berpuluh langkah lebih maju dibandingkan sebelumnya. Ia hadir sebagai solusi atas permasalahan kita dalam kehidupan sehari-hari. Sebut saja ASUS sebagai salah satu perusahaan berbasis teknologi yang mempertimbangkan kenyamanan dan kemudahan sebagai dasar utama mereka berinovasi. Kini, ada banyak model laptop yang sangat memanjakan pengguna telah berhasil dikeluarkan oleh ASUS. Kehadiran teknologi canggih ini tentu saja tidak akan berarti banyak jika kita, sebagai pengguna, tidak cerdas menggunakannya. Makanya, dengan diluncurkannya VivoBook Ultra A412DA yang ramping, stylish, ringan serta performanya bagus, harapannya kita bisa memaksimalkan produktivitas kita, sehingga akan lahir banyak karya dan kreativitas yang bermanfaat bagi diri kita dan banyak orang.

Bukankah salah satu tujuan inovasi itu adalah agar kita selalu mencoba dan terus mencoba yang terbaik? Kata Steve Jobs, “Stay hungry. Stay foolish!”

Penampakan ASUS VivoBook A412DA (sumber: IG resmi ASUS Indonesia)

Pin It on Pinterest

Share This